Pemkab Indramayu berssama dengan Universitas Padjajaran (Unpad)  menjalin kerjasama untuk mewujudkan program 'Profesor Masuk Desa' di Kabupaten Indramayu.

Hal itu terungkap ketika berlangsung kegiatan penerimaan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) dan Program Pengabdian Masyarakat Dosen (PPMD) Universitas Padjadjaran (UNPAD) masuk ke Desa di Pendopo Kabupaten Indramayu, Selasa (19/07/2016).

Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah kembali menorehkan dedikasi yang berbuah prestasi sangat membanggakan bagi masyarakat Indramayu. Atas kinerja yang sungguh-sungguh tersebut Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI menganugrahi penghargaan berupa Satyalencana Pembangunan Koperasi.

Penghargaan tersebut akan diterima Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah pada acara puncak Peringatan Hari Koperasi tahun 2016 yang dipusatkan di Halaman Kantor Gubernur Jambi, Kamis besok (21/07/2016).

Seperti yang dirilis Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu, penghargaan yang diberikan kepada Bupati Indramayu tersebut adalah karena kinerja dan program pembangunan dibidang koperasi, UKM, perindustrian, dan perdagangan yang terus dilakukan setiap tahunnya.

Berdasarkan data dari Diskopindag Kabupaten Indramayu, per tanggal 31 Desember 2015 jumlah koperasi di Indramayu berjumlah sebanyak 975 koperasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 315 merupakan koperasi aktif , dan sebanyak 146 koperasi telah rutin melakukan RAT bagi para anggotanya. Sementara itu dari 146 koperasi aktif yang telah dinyatakan sehat sebanyak 80 koperasi.

Kepala Diskopindag Kabupaten Indramayu, Maman Kostaman menjelaskan, secara umum penghargaan yang diterima oleh Bupati Indramayu bukan semata karena keberpihakan terhadap perkoperasian di Indramayu tapi lebih dari itu karena Bupati Indramayu juga telah banyak berkontribusi bagi pembangunan yang berkaitan dengan UKM, dan juga PKL.

"Saat ini jumlah koperasi sehat setiap tahunnya terus mengalami peningkatan secara kuantitas, hal ini karena kita support dari beberapa program dari APBD yang digulirkan oleh Bupati Indramayu," tegas Maman.

Sementara itu Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah mengatakan, penghargaan untuk kesekian kalinya itu dipersembahkan untuk seluruh lapisan masyarakat Indramayu terutama insan koperasi.

"Kita harus terus membangkitkan usaha koperasi, kita ingin koperasi di Indramayu bisa kuat seperti lembaga perbankan. Koperasi sehat setiap tahun terus kita tingkatkan jumlahnya melalui pembinaan Diskopindag," tegas Anna Sophanah.

Untuk memperkuat perekonomian di Indramayu bukan hanya melalui koperasi, untuk itu Pemkab Indramayu juga komitmen untuk terus memberikan regulasi, penataan, dan pembinaan bagi para pelaku UMKM, dan juga para PKL yang menjadi salah satu pilihan sumber ekonomi masyarakat Indramayu.

Untuk Provinsi Jawa Barat, selain Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah, penghargaan Satyalencana pembangunan juga diberikan kepada Walikota Bandung Ridwan Kamil, Bupati Bandung Dadang Naser, dan juga Wakil Bupati Majalengka Karna Sobahi. Diberikan juga penghargaan Satyalencana Wira Karya kepada Mohamad Arifin Ketua Koperasi Bina Kimia LIPI, dan Royani Sekretaris KUD Mina Bahari Eretan Kulon Kabupaten Indramayu.  DENI SANJAYA / Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu

KEPALA DINAS KESEHATAN

Dr. Deden Boni Koswara, M.M