Peduli Terhadap Kesehatan Ibu Casinah DOKMARU Puskesmas Kertawinangun Berikan Layanan Kesehatan.

DINAS KESEHATAN KABUPATEN INDRAMAYU — Layanan Dokter Masuk Rumah (Dokmaru) yang terus menyasar masyarakat Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu memberikan dampak positif baik itu untuk kesehatan maupun sosiologi pasien. Hal itu terlihat ketika Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kertawinangun Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu memberikan penanganan terhadap kesehatan Casinah warga Blok Prempu 1 Desa Eretan Wetan Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, Senin (28/8/2022).

Dikatakan Kepala Puskesmas Kertawinangun Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu drg. Ruci Afrida melalui Bidan Leli, informasi mencuat untuk melaksanakan layanan Dokmaru terhadap Casinah ketika adanya aduan masyarakat.

Menurutnya, setibanya di kediaman Casinah kondisi badannya kurus dan kesehatannya terganggu akibat jiwanya tertekan oleh peristiwa dan masalah dalam rumah tangganya dan membuat dirinya tidak mau mengonsumsi makanan setiap hari.

“Kalau dari diagnosa dokter (Red: dr. Rudi Nardoyo) ibu Casinah kurang asupan makanan, sehingga tidak ada energi untuk aktivitas,” katanya ketika dikonfimasi Diskominfo Indramayu Rabu 31/8/2022.

Bidan Leli menambahkan, diketahui Casinah bermasalah dengan suaminya sehingga diantar ke rumah orang tuanya dan menyebabkan kondisi jiwanya semakin drop.

“Saya berusaha untuk mengembalikan semangatnya untuk bangkit untuk sehat, lahir batin, bergaul dengan sesama,” tambahnya.

Bidan Leli menerangkan, kondisi keluarga Casinah sangat memprihatinkan yakni kategori tidak mampu sehingga berharap adanya pembekalan maupun pemberdayaan dari dinas terkait di Kabupaten Indramayu untuk membangkitkan kembali jiwanya dalam menatap hidup yang lebih baik.

“Saya ingin koordinasi lintas sektor dari dinas terkait baik itu dari Dinsos maupun Disduk-P3A dan dinas terkait lainnya, karena keluarga ini benar-benar keluarga tidak mampu,” harapannya. (Tim Publikasi Dinkes Indramayu)